Senin, 19 Desember 2011

WORKSHOP PENULISAN RISALAH


Workshop Penulisan Risalah

Workshop Penulisan Risalah Ilmiah diikuti sekitar 60-an santri kelas VI pesantren Persis Putri Bangil. Senin malam (19/12/2011) Ustadz Fatahillah, MA menyampaikan pelatihan singkat metode penulisan risalah. Bertempat di halaman kantor putri acara yang dimulai sekitar pukul 20.30 berlangsung cukup lancar. 

Kegiatan ini sedianya akan dilaksanakan di perpustakaan. Namun karena lokasi perpus dimanfaatkan santri kelas 1, 2, 3, dan Takhashus, maka dialihkan ke teras kantor. Santri terlihat nyaman meski beralas seadanya. Sebagian duduk di kursi, sebagian lainnya rela melantai.

Dalam uraiannya, Ustadz asli Surabaya ini menyatakan bahwa risalah ilmiah ini mengarah pada solusi atau menjelaskan sesuatu yang belum jelas. “Contoh menjelaskan yang belum jelas adalah bagaimana hukum wanita mengkonsumsi pil penunda haid”, urainya. Dalam kesempatan itu pula mantan Kepala Madrasah Tsanawiyah Persis 1 menjelaskan aspek yang harus ditekankan dalam penelitian adalah kemampuan mengolah informasi untuk diambil sebuah kesimpulan.

Meski workshop ini dirasa sangat singkat, sejumlah santri merasakan manfaat atas penjelasan dari Ustadz yang menyelesaikan pasca sarjananya di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Atas kegiatan ini diharapkan santri mampu mendapatkan pemahaman dasar tentang metode penelitian ilmiah. Supaya tradisi menulis yang diwariskan para ulama terdahulu dapat diikuti para pelanjut dakwah Islam. Generasi muda Islam semakin teguh pendirian dalam Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.