Minggu, 25 Desember 2011

PEMBELAJARAN KREATIF DAN MENYENANGKAN

Internet Corner
Pembelajaran kreatif dan menyenangkan perlu digemarkan. Hal ini dilandasi oleh kebutuhan piskologis anak dan memberikan ruang kreatif untuk merasakan pengalaman baru dan menantang. Hal ini bertujuan agar proses pemahaman berjalan sesuai dengan kebutuhan mereka. Rasa memiliki apa yang mereka lakukan di dalam kelas juga bagian yang cukup urgen dalam menentukan kualitas pemahaman santri.

Tidak cukup dengan petuah-petuah bijak yang setiap saat mereka dengar. Ceramah, pidato, atau nasehat verbal belum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap semangat menuntut ilmu santri. Lemahnya pemahaman mungkin saja dilatari oleh adanya ketidakmampuan sang guru dalam menyajikan materi secara baik.

Karena itu perlu ada proses kreatif para guru dalam menyajikan materi-materi pembelajaran. Salah satu contohnya adalah cara penugasan. Di sebuah kelas yang terjangkau sinyal internet seorang guru bisa memfasilitasi santri untuk browsing materi. Dikerjakan secara berkelompok santri membuat laporan ilmiah, rangkuman materi, atau poster ilmiah.
Tafa'ul (Team Work)
Mereka akan melakukan yang namanya proses kerjasama dengan temannya. Santri juga akan mengalami proses kreatif dengan alat dan bahan yang tersedia apa adanya. Semua berbaur untuk sebuah penyelesaian tugas pada jam pelajaran efektif. Jikalau tidak bisa selesai, kegiatan bisa dilanjutkan di kamar. Dimensi komunikasi dalam sebuah kelompok juga bisa dirasakan manfaatnya.


Dari sebuah metode sederhana ini diharapkan bisa menginspirasi semua untuk bisa melakukan hal yang lebih dari sekadar belajar mengajar. Diperlukan proses kreatif untuk memajukan pendidikan ummat. Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.