Selasa, 06 Desember 2011

DISKUSI KECIL

Ustadz Aliga Ramli, Lc
Sejumlah santri usai pelajaran masih bergerombol. Rasa ingin tahu yang ada dalam dirinya membuat sejumlah pertanyaan harus dijawab di luar kelas. Seperti beberapa waktu lalu saat mata pelajaran tafsir disampaikan Ustadz Aliga Ramli. Pertanyaan yang belum terjawab sementara jam belajar sudah kelar mengharuskan langkah Ustadz Aliga Ramli tertahan beberapa saat.

Keadaan ini sebuah pemandangan yang lazim terjadi. Beberapa asatidz yang memberikan materi-materi aktual, analisa tajam, dan ulasan menarik, membuat rasa ingin tahu para santri semakin tinggi. Asatidz mampu mengembangkan proses belajar mengajar menjadi diskusi kecil yang sering terjadi.

Salah satu poin dalam pola pendidikan semacam ini adalah memberikan ruang seluas-luasnya bagi santri untuk menelisik argumen sedetil-detilnya. Sehingga pemahaman santri terhadap satu permasalahan bisa secara komprehensif, menyeluruh dan utuh. Santri juga bisa menambah wawasan dengan merujuk kepada sumber-sumber lain. Semoga bekal ilmu yang mereka peroleh selalu mendatangkan manfaat banyak bagi kehidupannya di dunia dan akhirat. Faidza faraghta fanshab wa ilaa rabbika farghab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.